Rabu, 04 Maret 2015

Tujuan Program Adiwiyata

 

   Tujuan program adiwiyata adalah untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut ber tanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan. Kegiatan utama diarahkan pada terwu judnya kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Disamping pengembangan nor ma-norma dasar antara lain; kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, keju juran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup, dan sumber daya alam. Serta penerapan prinsip dasar yaitu partisipatif, dimana komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran, serta berkelanjutan, dimana seluruh kegiatan harus dilakukan secara teren cana dan terus menerus secara konperehensif.


       Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) secara khusus memiliki 5 tujuan. Pertama, Kesadaran. Ini untuk membantu peserta didik mem pero leh sebuah kesadaran dan kepekaan terhadap  lingkungan dan berbagai per masalahannya, membangun kemampuan untuk merasakan dan membe dakan diantara stimulus, mengulah, menyaring dan memperluas pandangan-pan dangan dan menggunakan dalam berbagai   konteks. Kedua, Pengetahuan. Dimaksudkan membantu peserta didik untuk memperoleh sebuah pengertian mendasar tentang bagaimana fungsi lingkungan , bagaimana orang berinte raksi dengan lingkungan, dan  bagimana timbulnya isu-isu dan masalah berkaitan dengan lingkungan dan bagaimana cara penyelesainnya. Ketiga.  Sikap. Ini untuk membantu peserta didik memperoleh seperangkat  nilai dan perasaan-perasaan kepedulaian, motivasi dan komitmen terhadap ling kungan. Keempat, Keterampilan. Membantu peserta didik memperoleh kete rampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan menyelidiki perma salahan lingkungan dan berkontribusi untuk pemecahan masalah tersebut. Kelima,  Partisipasi. Dimaksudkan  untuk membantu peserta didik mempe roleh pengalaman dalam menggunakan pengetahuan yang mereka peroleh dan keterrampilan dalam pengambilan keputusan, tindakan-tindakan positif yang mengarah pada pemecahan isu-isu dan permasalah lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar